Selasa, 26 Maret 2013

JATUH CINTA


JATUH CINTA
Selalu tersenyum, sush tidur, pipi kemerahan, Jantung berdetak makin kencang, saking grogi sering ketoilet, Nach ini dia cirri-ciri orang jatuh cinta.
Perubahan itu terjadi karena serangan tiga hormone dari dalam tubuh, orang yang jatuh cinta mengalami perubahan hormonal yang membuat suasana hati bergejolak tidak karuan, tapi bukan hanya hati tapi juga fisik.
Secara umum perubahan hormonal ini ada 3  tahap yaitu:
1.    Gairah( lust )
2.    Ketertarikan ( acctraction )
3.    Cinta sejati ( attachment )

Sedangkan hormone-hormon yang terlibat masing-masing tahapan yaitu:
1.    Tahap gairah
Terjadi karena hormone yang berperan saat seseoramg ,erasakan gairah seksual, dalam bentuk sederhana seperti ingin menggandeng tanagan nya, adalah testosterone dan esterogen. Meski banyak di produksi pria tapi wanita juga memproduksi, yang sama-sama berperan mengawali suatu hubungan bermotif seksual dan emosional.
2.    Tahap keterkaitan
Merupakan tahap paling rumit dalam menjalin hubungan khusuhnya dalam hal perubaha komposis biokimia dalam tubuh. Aktivitas berbagai hormone dan neurotransmitter  (sarap peghunung) paa tahap ini seseorangkehilangan nafsu maan, susah tidur,dan sering ngelamun.
Ada 3 hormon yang terlibat:
Ø  Dopamin (memicu rasa enang dan kecanduan )
Ø  Norefinefrin dan adrenalin ( penyebab tangan berkeringatdan jatung berdetak lebih kencang.)
Ø  Serotonim (pemicu rasa kantuk, saat jatuh cinta kadar nya meurun dan menyebabkan sush tidur)
3.    Tahap jatu cinta
Tahap ini berlangsung lebih lama setelah tahap kedua, dengan di tandainya komitme jangka panjang misalnya pernikahan. Karena pasangan yang sudah menikah paling tidak memiliki 2 hormon yang menjaga keutuha rumah tangga, keduanya di produksi pria dan wanita meski beda funsi yang di pengaruhi jenis kelaminny.
·         Oksitosin = pada pria dan wanita hormone ini memberikan kenikmatan yang lua biasa saat bercinta dan orgamse. Khusus pada wanita uga berperan dalam kelHIRAN Byi dan produksi air susu.
·         Varopresin = di miliki pleh tikus di padang rumut yang memungkinkanmanusia untuk menikmati hubungan seks, hal inii yang menyebabka keinginan untuk bergonta-ganti pasangan,

Efek jatuh cinta
·         Menstabilkan tekanan darah
·         Menekan stress
·         Mengurangi depresi
·         Meningkatkan imun tubuh
·         Mengatasi gangguan dan kecemasan
·         Mengontrol rasa sakit secara alami
·         Mempercepat penyembuhan
·         Hidup lebih bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar